Membuat Blog
Thursday, October 15, 2009
Activity Based Costing
“ABC is a cost accounting concept based on the premise that product require an organization to perform activities and that those activities require an organization to incure cost” (T.Douglas Hicks, 1992).
ABC adalah suatu metode untuk mengukur biaya (overhead) dan kinerja dari suatu proses yang berhubungan dengan aktivitas dan obyek-obyek biaya yang tidak berkaitan langsung dengan volume produksi.
Tujuan
Lebih jauh lagi ABC di desain bertujuan untuk penyediaan informasi bagi semua pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan pemberdayaan karyawan untuk membangun daya saing perusahaan melalui cost leadership strategy.
Object-Object Biaya dalam ABC
Dalam ABC, dasar untuk mengalokasikan biaya overhead disebut pemicu biaya (cost drivers). Object biaya meliputi: produk, customer, departemen, proyek, aktivitas, dan lain-lain, dimana untuk itu biaya diukur dan dibebankan.
Beberapa factor yang harus diperhatikan dalam menentukan cost driver:
1. Biaya pengukuran (cost measurement)
2. Derajat korelasi (degree of correlation) antara pemicu biaya dan konsumsi overhead aktualnya.
Klasifikasi aktivitas dalam ABC
Dalam ABC membagi aktivitas dalam 2 (dua) kelompok:
1. Product Driven Activity; adalah aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan merancang dan memproduksi suatu produk.
2. Customer Driven Activity; adalah aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan penawaran, pelayanan, serta dukungan terhadap pelanggan atau pasar perusahaan.
1. Product Driven Activity, meliputi:
1.1. Unit Level; adalah biaya yang pasti bertambah ketika sebuah unit produk diproduksi yang sebanding dengan proporsi volume produk tersebut. Contoh: Biaya bahan baku langsung yang semakin bertambah dengan bertambahnya jumlah produksi.
1.2. Batch Level; adalah biaya yang disebabkan oleh sejumlah batches yang diproduksi dan terjual. Contoh: Biaya set up mesin.
1.3. Product Level; adalah biaya yang digunakan untuk mendukung produksi produk yang berbeda. Biaya ini tidak dipengaruhi oleh produksi dan penjualan satu atau beberapa unit batch. Contoh: Biaya desain produk, pengembangan, prototype, dan rekayasa produksi.
1.4. Plant Level; adalah biaya yang merupakan biaya kapasitas pendukung pada tempat dilakukannya produksi.Contoh: Biaya sewa, depresiasi, pajak property, dan asuransi pabrik.
2. Customer Driven Activity, meliputi:
2.1. Order Level; Aktivitas ini berhubungan dengan order pelanggan. Biaya dibebankan langsung kepada penjualan dan pesanan yang dilakukan pelanggan secara individu. Contoh: Biaya pengiriman pesanan.
2.2. Customer Level; Aktivitas ini tidak berhubungan dengan pesanan, tetapi biaya yang terjadi dibebankan kepada pelanggan. Contoh: Biaya tenaga penjualan.
2.3. Market Level; Aktivitas ini dibutuhkan untuk memasuki atau mempertahankan pasar tertentu. Contoh: Biaya R&D, promosi, iklan.
2.4. Channel Level; Aktivitas ini dibutuhkan dalam saluran distribusi dan tidak ditentukan berdasarkan pesanan pelanggan. Contoh: Kampanye
2.5. Enterprise Level; Agar perusahaan bertahan dalam bisnisnya, sedangkan biaya yang ditimbulkan tidak dapat dibebankan pada level yang lebih rendah. Contoh: Lisensi, pajak, gaji direktur.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Your Comments
Search this blog
Welcome
Hello everyone, welcome to my blog. I hope we can share some ideas and information either so that will be usefull for our society. In this blog we'll be find some literatures in many subject, such as: financial & management accounting, auditing, knowledge management, strategic and controll system,financial planning and wealth management, also personal development. Great success for us..
Popular Posts
-
DIRECT COSTING & FULL COSTING Direct Costing Method Merupakan suatu metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan bia...
-
TARGET COSTING Pengertian dan Tujuan Penetapan harga dimana secara potential pelanggan memiliki keinginan untuk membeli. Metode manajemen b...
-
Konvergensi PSAK & IFRS 2012,..sudah Siapkah Anda ? Penulisan ini bermula saat saya menghadiri Public Hearing yang diselenggarakan oleh ...
-
MENGASAH KAPAK Alkisah ada seorang penebang pohon yang sangat kuat. Dia melamar pekerjaan pada seorang pedagang kayu, dan dia mendapatka...
-
STUDY KASUS – AKUNTANSI MANAJEMEN Laba yang semakin menurun memaksa manajemen untuk mendekati karyawan agar bekerja untuk lebih ekonomis dan...
-
PERAN PROFESI AKUNTANSI MANAJEMEN MENJADI SEORANG ' HYBRID MANAGER' Dalam persaingan dunia kerja dewasa ini, khususnya persaingan ...
-
“THINKING OUT OF THE BOX” Apa yang di maksud dengan berfikir di luar kotak atau thinking out of the box ? Mungkin kita perlu mendefinisikan...
-
BERSYUKUR DITENGAH KESULITAN Di sebuah desa terpencil berdiri sebuah gereja, dimana dalam setiap ibadah selalu dipenuhi oleh ke...
-
Financial Planning tidak sama dengan menabung? Apakah itu financial planning? Apakah sama halnya dengan sekedar menabung? Financial planni...
-
HIDUP BERKELIMPAHAN Sejenak setelah anda membaca judul diatas, pasti anda membayangkan bahwa hidup berkelimpahan adalah hidup yang bergelima...
No comments:
Post a Comment